cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
Published by Universitas Telkom
ISSN : 24776106     EISSN : 25022431     DOI : -
Journal “demandia” is a print and electronic publication media which publishes the results of studies and research in the field of Visual Communication Design, Design Management and Advertising; published twice a year (March and September). The journal managed by Telkom University aims to promote and develop Visual Communication Design, Design Management and Advertising.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan" : 11 Documents clear
ANALISIS STRATEGI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL LABEL REKAMAN INDEPENDEN DI ERA DIGITAL Idhar Resmadi; Rendy Pandita Bastari; Gema Ari Prahara
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2742

Abstract

Teknologi digital telah mengubah cara untuk memproduksi, mendistribusi, mengonsumsi, serta mempromosikan karya musik. Saat ini dibutuhkan suatu cara baru yang lebih inovatif dan efektif oleh para pelaku industri rekaman karena beberapa cara promosi dan pemasaran konvensional dianggap tidak terlalu adaptif dengan kebutuhan sekarang. Perkembangan teknologi digital terutama kehadiran platform media komunikasi visual sangat penting dalam rangka menumbuhkan inovasi baru dalam promosi dan pemasaran di industri rekaman saat ini. Perlu pendekatan yang lebih berbasis media komunikasi visual dalam merancang suatu strategi komunikasi sehingga tujuan pemasaran dan promosi label rekaman tersebut bisa tercapai. Objek yang akan diteliti yaitu salah satu label rekaman independen asal Jakarta bernama Sun Eater Records. Metodologi penelitian yang akan dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan studi literatur. Di tengah era konvergensi media saat ini penting untuk diketahui bagaimana Sun Eater Records melakukan strategi komunikasi di era digital melalui pemanfaatan konten berbasis media komunikasi visual. Penelitian ini ingin mengungkapkan pemanfaatan media komunikasi visual di platform media sosial sangat penting karena geliat industri musik yang dinamis dengan perkembangan teknologi internet. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi kajian serta rekomendasi untuk para pelaku industri rekaman dalam melakukan promosi dan pemasaran di era digital sehingga lebih fleksibel dan adaptif. Kata Kunci: Musik independen, Strategi Komunikasi, Media Komunikasi Visual
PENINGKATAN USER EXPERIENCEMELALUI REKOMENDASI DESAIN USER INTERFACEPADA WEBSITE LAPOR HENDI Dimas Irawan Ihya Ulumuddin; Abi Senoprabowo
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2345

Abstract

Kota Semarang merupakan kota maju yang memiliki banyak penghargaan. Penghargaan tersebut hasil dari beberapa inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah kota Semarang dalam hal pelayanan publik dan cara komunikasi dengan masyarakat Kota Semarang. Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari konsep pembangunan Bergerak Bersama yang diwujudkan melalui berbagai layanan yang salah satunya adalah “Lapor Hendi”. Lapor Hendi adalah layanan publik berbasis online untuk menyampaikan pengaduan, menyampaikan aspirasi, dan berkomunikasi langsung dengan Pemerintah Kota Semarang. Kendala yang dihadapi oleh masyarakat kota Semarang adalah kesulitan dalam menggunakan website tersebut untuk melakukan pelaporan. Hal tersebut dikarenakan website Lapor Hendi hanya menampilkan informasi tentang media-media yang dapat digunkan untuk melapor pada layanan Lapor Hendi saja. Mereka tidak memementingkan User Interface (UI) sama sekali. Penelitian yang dilakukan fokus pada evaluasi user interface pada website Lapor Hendi. Penelitian ini kami batasi pada persepsi, kesan atau sikap pengguna terhadap bagaimana website Lapor Hendi dapat memberikan informasi seperti yang pengguna harapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa analisis konten kualitatif dan focus group discussion (FGD) untuk menggali lebih dalam bagaimana pengalaman pengguna ketika menggunakan website Lapor Hendi. Metode FGD ini dilakukan dengan mendiskusikan beberapa persepsi dan permasalahan yang dialami pengguna selama menggunakan website Lapor Hendi dengan mengacu pada konsep user experience yang sesuai dengan User Experience Questionnaire (UEQ). Kemudian ditentukan pula rekomendasi perbaikan dari tiap permasalahan sesuai dengan guidelines desain user interface yang baik.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGENALKAN SEJARAH GEREJA BLENDUK SEMARANG Noor Hasyim; Ali Muqoddas
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2339

Abstract

Gereja Blenduk merupakan bangunan yang menjadi salah satu ikon dari Kota Semarang. Gereja Blenduk yang berada di kawasan Kota Lama semarang ini juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dari Kota Semarang. Berbagai upaya revitalisasi dan edukasi dilakukan untuk menjaga kelestarian bangunan Gereja Blenduk. Namun pengetahuan masyarakat tentang sejarah Bangunan Gereja Blenduk masih kurang. Pemanfaatan teknologi berbasis augmented reality dapat menjadi alternatif solusi untuk mengenalkan sejarah bangunan Gereja Blenduk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam pengembangan aplikasi augmented reality tentang Gereja Blenduk digunakan model waterfall dari Winston W. Royce yang terdiri dari analysis, design, implementation, testing dan maintenance. Dengan pemanfaatan teknologi digital berbasis augmented reality ini diharapkan masyarakat terutama generasi milenial lebih tertarik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan tentang sejarah Gereja Blenduk Semarang.
APLIKASI GAWAI TEL-U PEDULI UNTUK PENGGALANGAN DANA Atria Nuraini Fadilla; Anggar Erdhina
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2613

Abstract

Kegiatan donasi adalah kegiatan yang umum dilakukan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Seiring dengan perkembangan teknologi, di era digital ini, kegiatan donasi dapat dilakukan melalui aplikasi gawai. Penelitian lebih lanjut diperlukan agar aplikasi gawai dapat memfasilitasi donatur secara lebih mudah. Atas dasar itu, penelitian ini fokus pada perancangan aplikasi gawai TelU Peduli yang ditujukan untuk menghasilkan aplikasi penggalangan dana yang transparan, akuntabel, dan terpercaya. Dengan menggunakan pendekatan design thinking, aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan user interface, user experience, dan desain komunikasi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita dan pengalaman dari pengguna menjadi sangat penting sebagai acuan, untuk memperbaiki masalah-masalah penggalangan dan penyaluran dana yang selama ini dikeluhkan oleh para donatur. Kata kunci: Aplikasi donasi, donasi digital, user interface, user experience, desain komunikasi visual.
Perancangan Ulang Buku Paket Pelajaran Bahasa Sunda Sekolah Dasar Kelas 1 Ervina Ulinnuha; Moh Isa Pramana Koesoemadinata
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2160

Abstract

Penutur Bahasa Sunda telah mengalami penurunan di Jawa Barat. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan pelajaran Bahasa Sunda telah ditetapkan sebagai pelajaran muatan lokal di Jawa Barat. Namun, minat siswa dalam mempelajari Bahasa Sunda masih rendah. Hal ini disebabkan karena buku yang masih dianggap jelek dan ditambah metode penyampaian materi yang kurang optimal. Salah satu penerbit buku pelajaran berpendapat bahwa buku pelajaran masih didesain ala kadarnya. Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan ulang buku paket pelajaran Bahasa Sunda dengan menggunakan hasil wawancara dengan pengajar mata pelajaran Bahasa Sunda, analisis dengan membandingkan beberapa buku pelajaran, dan kuesioner untuk memahami buku pelajaran yang diinginkan oleh anak sebagai pertimbangan desain. Berlandaskan pada teori desain, perancangan ulang buku pelajaran Bahasa Sunda Sekolah Dasar kelas 1 dilakukan untuk memperoleh hasil perancangan buku pelajaran yang mudah dibaca dengan tata letak elemen grafis yang dinamis serta gambar dengan gaya kartun sehingga penyampaian materi dapat dibuat lebih menyenangkan untuk anak sekolah dasar.
Use of illustrations in the Communication Guidebook for Down Syndrome Children marina wardaya
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2361

Abstract

Abstrak: Kemampuan berbicara dan berbicara adalah kemampuan awal yang harus dimiliki anak sebagai aset untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi serta anak-anak dengan sindrom Down. Kurangnya kesadaran orang tua dan kurangnya buku teks yang sesuai untuk anak-anak sindrom Down sering menjadi hambatan terhadap perkembangan anak-anak sindrom Down. Pembelajaran komunikasi dengan metode yang tepat adalah substansial menuju keberhasilan pola pengajaran untuk anak-anak dengan sindrom Down, termasuk penggunaan ilustrasi dalam buku panduan komunikasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi orang tua, guru dan anak-anak dengan sindrom Down dalam pengajaran tentang komunikasi.
PERANCANGAN VIDEO ANIMASI INFOGRAFIS “CARA URBAN GARDENING YANG TEPAT UNTUK WILAYAH KOTA DKI JAKARTA” Nadya Nadya; Yana Erlyana
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2652

Abstract

Jakarta memiliki tingkat polusi udara terburuk ketiga di dunia. Dalam hal ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam menetapkan peraturan lahan hijau sebagai solusi mengatasi polusi udara, yang disebut dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun ruang terbuka hijau di Jakarta saat ini baru mencapai 14,9 persen, padahal target yang diinginkan sebesar 30 persen. Untuk itu perlu juga upaya dari masyarakat setempat untuk membantu meningkatkan target pencapaian 10 persen RTH privat yaitu dengan melakukan kegiatan menanam di area terbatas atau disebut urban gardening. Berdasarkan pernyataan tersebut, diperlukan langkah awal yang baik dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai kegiatan urban gardening ini. Hal ini karena pengetahuan masyarakat perkotaan khususnya di Jakarta masih minim mengenai konsep tanam-menanam dan penataan taman, terutama di lahan tempat tinggal yang sempit dan padat. Dalam penelitian ini membahas mengenai perancangan media informasi tentang urban gardening dengan menggunakan teknik animasi infografis. Penelitian ini menggunakan mengunakan desain penelitian tindakan peran serta (penelitian terapan) atau disebut participatory action research (PAR) dengan partisipasi kontraktual. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah merancang video infografis tentang urban gardening yang sesuai target pasar.
LITERASI VISUAL DALAM PROSES BERKARYA MAHASISWA DESAIN Khamadi Khamadi; Agus Setiawan
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.1999

Abstract

Abstrak: Kemampuan literasi visual mahasiswa desain yang kurang menjadikan karya yang dihasilkan kurang komunikatif. Mahasiswa cenderung mengejar sisi teknis dan estetis dalam proses kreasi visualnya dan cenderung kurang menguasai konsep komunikasi pesan yang ingin disampaikan. Hal ini terjadi akibat karena kurangnya pemahaman terhadap proses literasi visual. Melalui model literasi visual oleh Hattwigg, dkk yang membagi literasi visual dalam tujuh komponen kemampuan literasi, fenomena literasi visual mahasiswa desain saat ini akan dianalisis untuk mendapatkan gambaran dan strategi penguatan kemampuan literasi visual selanjutnya. Sebagai hasilnya, mahasiswa desain masih kesulitan dalam menelusuri informasi visual dan menggunakan image visual yang ada dalam menghasilkan karya visual yang bermakna. Kata Kunci: Desain, Kreasi Visual, Literasi Visual Abstract: The lack of visual literacy skills of design students makes the resulting work less communicative. Students tend to pursue the technical and aesthetic side in the process of visual creation and tend to lack the mastery of the concept of communication of the message to be conveyed. This happens due to a lack of understanding of the visual literacy process. Through the visual literacy model by Hattwigg, et al., Who shares visual literacy in seven components of literacy ability, the phenomenon of visual literacy of current design students will be analyzed to obtain an overview and strategy for strengthening visual literacy skills further. As a result, design students still have difficulties in tracing visual information and using existing visual images in producing meaningful visual works. Keywords: Design, Visual Creation, Visual Literacy
REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN IDEAL DALAM KARAKTER BLACK WIDOW Daniar Wikan Setyanto; Toto Haryadi
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2775

Abstract

Black Widow merupakan salah satu karakter heroine yang berhasil merengkuh imajinasi publik dalam hal citra diri khususnya dalam hal kiblat citra kecantikan dan seksualitas ideal kaum perempuan di seluruh dunia. Citra yang ada pada karakter Black Widow merupakan gejala kapitalisme yang merupakan bentuk kontruksi citra atau representasi perempuan lewat media film. Representasi yang muncul pada karakter Black Widow merupakan pencapaian identitas perempuan yang melebihi citra fisik karena juga berkaitan dengan kualitas-kualitas tertentu yang harus dicapai oleh perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami secara kritis topik di atas berdasarkan analisa mendalam menggunakan metode deskriptif kualititatif. Sehingga mampu menganalisis media secara komprehensif dan hasil dari penelitian ini yaitu dapat melihat proses pembentukan makna khususnya yang berkaitan dengan citra perempuan ideal yang ada pada karakter Black Widow dari sudut pandang feminisme. Penelitian ini juga bisa menjadi acuan untuk penelitian kajian karakter heroine selanjutnya, tidak hanya untuk karakter film barat, namun juga memungkinkan untuk heroine lokal asli Indonesia.
KAJIAN DROMOLOGI DALAM IKLAN TVC OBAT SAKIT KEPALA BODREX - TERUS MENANGKAN HARIMU! TAHUN 2017 Alfian Candra Ayuswantana; Diana Aqidatun Nisa; Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtia
Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/demandia.v5i2.2263

Abstract

Abstrak: Kecepatan informasi membawa manusia ke dalam sebuah kondisi kesaling terhubungan terus menerus antara seluruh jaringan komunikasi dan informasi. Kondisi aliran banyaknya arus informasi yang menerpa kita setiap saat yang demikian dikenal sebagai schizophrenia baru. Keberadaan iklan tidak hanya menampilkan realitas yang merayakan kecepatan informasi dalam masyarakat mengagung-agungkan kecepatan, namun iklan juga memegang peran penting dalam menularkan nilai-nilai ekstasi kecepatan (dromos) melalui nilai-nilai keseketikaan/instant yang dibawanya. Fenomena pengagungan kecepatan dalam iklan menarik untuk ditelisik lebih dalam, tentang cara-cara iklan tersebut dalam menyampaikan bujukan solusi keseketikaan yang ditawarkan kepada calon konsumennya. Melalui pendekatan beberapa teori seperti Dromologi, Simulasi dan Hiperealitas, serta teori Kuasa. Serial iklan TVC (Television Commercial) produk obat sakit kepala Bodrex sebagai market leader yang disiarkan pada rentang tahun 2017 dipilih menjadi studi kasus dalam membedah nilai-nilai dromologi pada iklan tersebut. Dari analisis iklan tersebut, ditemukan cara-cara rayuan kepada konsumen yang dipilih melalui pendekatan dromologi yang dilihat dari konsep solusi instan/kesegeraan. Kata kunci: Dromologi, Iklan bodrex, Hiperealitas, Hegemoni

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 8 No 2 (2023): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol 8 No 1 (2023): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol 7 No 2 (2022): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol 7 No 1 (2022): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol 6 No 2 (2021): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol 6 No 1 (2021): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol 5 No 01 (2020): Vol 05, No 01 (Maret 2020) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Vol 5 No 2 (2020): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol 4 No 01 (2019): Vol 04, No 01 (Maret 2019) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Vol 4 No 2 (2019): Vol 04, No 02 (September 2019) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manaje Vol 3 No 02 (2018): Vol 03, No 02 (September 2018) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manaj Vol 03, No 01 (Maret 2018) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklan Vol 02, No 02 (September 2017) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Peri Vol 02, No 01 (Maret 2017) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklan Vol 01, No 02 (September 2016) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Peri Vol 01, No 01 (Maret 2016) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklan More Issue